Hati-Hati, Pahami Kode Angka pada Bagian Bawah Kemasan Susu Kotak

Saat ini banyak kita jumpai makanan dan minuman yang dikemas secara modern. Namun, meskipun makanan atau minuman tersebut sudah dipacking sedemikian sempurna, kadangkala kita masih menemukan kasus makanan atau minuman yang sudah tidak layak di konsumsi. Banyak orang sudah beberapakali mengalaminya. Minuman kemasan kotak yang dibeli di mini market ternyata sudah basi padahal tanggal kadaluarsa masih lama.

Info berikut ini mungkin penting buat anda yang suka membeli minuman kemasan kotak. Pernahkah anda memperhatikan bagian bawah kemasan kotak dari minuman yang anda beli? Coba lihat, di bagian bawah kotak kemasan kita akan menemukan angka-angka kode. Lantas apa arti dari kode angka numerasi dibawah box minuman kemasan tersebut.


Membaca dan memahami kode nomer angka yang ada dibawah minuman susu kemasan itu penting, dan diyakini banyak dari kita yang belum pernah melihat angka-angka di bawah kotak kemasan tersebut. perlu diketahui bahwa angka-angka ini tidak ditulis secara acak atau asal melainkan mengandung makna. lihat lebih dekat di bagian bawah kemasan kotak susu misalnya, pasti Anda akan melihat bahwa ada angka dari 1 sampai 5 (di beberapa negara bahkan tertulis angka dari 1-6)

Ada dua makna yang berbeda di balik angka-angka tersebut.
  1. Ini cukup menakutkan dan mungkin menyebabkan panik setelah anda tahu maknanya, karena angka tertera dalam kode itu sebenarnya adalah berarti berapa kali susu tersebut didaur ulang dan diolah kembali. Jadi, perlu diketahui bahwa aturan hukum di beberapa Negara (luar negeri) membolehkan susu didaur ulang, maksudnya ini berarti bahwa ada peraturan hukum berapa kali produsen dapat memproses ulang susu pada suhu panas 190 derajat Celcius dan menjual serta mengirimkannya kembali ke toko-toko.

    Jika Anda ingin tahu sudah berapa kali susu yang anda beli diolah kembali, Anda cukup lihat bagian bawah paket kemasan dan lihat dan cermati, disana ada deret nomor 1 sampai 5. Jika satu nomor yang tidak ada dalam daftar, ini adalah persis berapa kali susu itu diolah kembali. Misalnya 12355, angka 4 tidak tertulis, yang berarti bahwa susu yang anda beli tersebut sudah kadaluarsa 4 kali dan diolah ulang atau susu itu kembali dipasteurisasi sebanyak 4 kali.

    Juga, Anda dapat melihat bahwa beberapa paket hanya memiliki satu nomor, bukan enam yang disebutkan di atas. Angka ini menunjukkan hal yang sama.


  2. Beberapa informasi kedua mengatakan bahwa angka-angka dikotak kemasan ini tidak ada hubungannya dengan susu daur ulang tapi angka itu adalah sebaliknya menunjukkan berapa kali karton atau bahan kemasan susu tersebut  telah didaur ulang.

Tetapi yang kita tahu pasti adalah bahwa susu re-processing (daur ulang) adalah nyata dan pernyataan ini tidak dianulir di banyak negara di seluruh dunia. yang menjadi catatan kita, adakah aturan Nomer kode angka itu juga diterapkan untuk kotak susu di Indonesia?
Mari berbagi informasi dengan teman

Bagikan ke:

Postingan terkait: